Pendidikan Antipacaran

Da­ta sta­tis­tik da­ri Ya­yas­an Ka­kak me­nun­juk­kan bah­wa eks­ploi­ta­si sek­su­al ko­mer­si­al se­la­ma pe­rio­de Sep­tem­ber 2008-De­sem­ber 2009 ter­ja­di pa­da ka­um pe­rem­pu­an de­ngan fak­tor pen­do­rong ter­be­sar ada­lah ke­ke­ras­an oleh pa­car. Se­dang­kan pe­rio­de Ja­nua­ri-De­sem­ber 2010 se­ki­tar 67% fak­tor pen­do­rong eks­ploi­ta­si sek­su­al ko­mer­si­al di So­lo ada­lah ke­ke­ras­an oleh pa­car. Mes­ki meng­alami pe­nu­ru­nan se­ki­tar 19,2 per­sen pa­da 2010 ini tam­pak­nya ma­sih je­las di sa­na bah­wa pa­ca­ran men­ja­di hal yang cu­kup mem­ba­ha­ya­kan. Hal ini ha­rus men­da­pat per­ha­ti­an se­rius ji­ka eks­ploi­ta­si sek­su­al ti­dak se­ma­kin me­ra­ja­le­la.

Su­dah ada so­lu­si yang di­ta­war­kan de­ngan pen­di­dik­an seks yang ha­rap­an­nya men­ja­di be­kal pe­nge­ta­hu­an pa­ra sis­wa ten­tang seks. Me­mang di si­ni sis­wa bi­sa meng­hin­da­ri seks be­bas ta­pi jus­tru bi­sa mem­bu­ka pe­lu­ang ba­gi sis­wa un­tuk me­la­ku­kan seks de­ngan “aman” se­be­lum me­ni­kah. Di si­si lain, tak bi­sa di­pung­ki­ri per­kem­bang­an tek­no­lo­gi yang ba­nyak mem­be­ri dam­pak ne­ga­tif se­o­lah meng­aja­ri sis­wa un­tuk ber­pa­car­an yang akhir­nya ter­je­ru­mus da­lam free sex.

Di si­ni­lah pe­ran gu­ru aga­ma sa­ngat di­per­lu­kan. Is­lam sen­di­ri ti­dak mem­per­bo­leh­kan ber­pa­car­an apa­la­gi ber­zi­na se­bab zi­na ter­ma­suk do­sa be­sar yang bisa me­ru­sak na­sab (ke­tu­run­an). Tak ha­nya me­la­rang zi­na na­mun ju­ga me­la­rang men­de­kati zi­na (pa­ca­ran) se­bab da­ri si­ni­lah zi­na akan le­bih mu­dah ter­ja­di.

Per­lu di­buat ma­te­ri pe­la­jar­an khu­sus aga­ma yang mem­ba­has ten­tang pa­ca­ran dan ba­haya­nya ba­gi sis­wa. Gu­ru di­tun­tut mam­pu me­ngem­bang­kan ku­ri­ku­lum dan me­nye­suai­kan de­ngan kon­di­si ma­sya­ra­kat se­ka­rang ke­ti­ka pa­ca­ran men­ja­di hal bia­sa ba­gi re­ma­ja bah­kan mung­kin ji­ka ti­dak pa­ca­ran di­ang­gap ti­dak ga­ul. Di sam­ping itu, ba­nyak me­dia da­ri mu­lai te­le­vi­si, film hing­ga in­ter­net yang me­ngam­pa­nye­kan pa­ca­ran.

Pem­be­la­jar­an aga­ma pun ha­rap­an­nya bu­kan ha­nya trans­fer dok­trin tan­pa per­nah me­nying­gung kon­di­si nya­ta ling­kung­an ma­sya­ra­kat. Gu­ru ha­rus mam­pu men­je­las­kan bah­wa se­mua ma­nu­sia pa­da da­sar­nya mem­pu­nyai fit­rah un­tuk men­cin­tai, sa­lah sa­tu­nya ke­pa­da la­wan je­nis. Na­mun, bu­kan ber­ar­ti cin­ta ini di­um­bar se­jak di­ni. Gu­ru ju­ga per­lu be­ker­ja sa­ma de­ngan orang­tua sis­wa da­lam mem­per­bai­ki akh­lak sis­wa. Bi­sa ja­di, pe­nye­bab pa­ca­ran ka­re­na sis­wa ti­dak per­nah men­da­pat ka­sih sa­yang yang cu­kup da­ri orang­tua ka­re­na me­re­ka si­buk de­ngan urus­an­nya. Orang­tua me­ra­sa cu­kup mem­per­bai­ki akh­lak anak­nya ha­nya le­wat se­ko­lah oleh gu­ru.

Un­tuk men­je­las­kan ba­haya pa­ca­ran, gu­ru ti­dak cu­kup ha­nya men­ce­ri­ta­kan ten­tang ki­sah-ki­sah pa­ra pe­zi­na yang men­da­pat hu­kum­an. Da­ta LSM mau­pun ha­sil pe­ne­li­ti­an lain yang re­le­van ju­ga di­sam­pai­kan agar le­bih mu­dah di­te­ri­ma sis­wa.

Jadi konselor

Gu­ru per­lu me­ma­hami bah­wa ba­nyak sis­wa yang ber­pa­car­an bu­kan un­tuk me­la­ku­kan per­zi­na­an se­ma­ta. Bi­sa ja­di, pa­ra sis­wa ha­nya ter­pe­nga­ruh ling­kung­an se­hing­ga gu­ru ti­dak ha­rus lang­sung me­mak­sa pa­ra sis­wa un­tuk me­mu­tus­kan pe­ri­la­ku itu. Gu­ru ju­ga bi­sa ber­tin­dak se­ba­gai kon­se­lor un­tuk me­ne­ri­ma ke­luh­an mau­pun ma­sa­lah pa­ra sis­wa khu­sus­nya ber­pa­car­an.

Per­lu di­ingat bah­wa jam pe­la­jar­an aga­ma yang ha­nya dua jam se­pe­kan ti­dak­lah cu­kup un­tuk men­ja­ga akh­lak sis­wa. Mung­kin sis­wa di se­ko­lah ti­dak ber­pa­car­an na­mun ke­ti­ka di lu­ar se­ko­lah, ke­ada­an­nya ber­ubah se­ba­lik­nya.

Hu­kum­an bi­sa di­be­ri­kan ji­ka di­ke­ta­hui mu­rid me­mang me­la­ku­kan pe­lang­gar­an be­ru­pa hu­kum­an yang men­di­dik. Gu­ru ti­dak bo­leh ber­si­kap meng­ha­ki­mi da­lam me­nge­cek ke­be­nar­an la­por­an pe­ri­la­ku bu­ruk di lu­ar se­ko­lah na­mun te­tap meng­ede­pan­kan ka­sih sa­yang dan adil.

Ter­akhir, apa yang di­la­ku­kan oleh gu­ru ada­lah se­buah pro­ses, bu­kan ha­sil yang bi­sa lang­sung bi­sa ja­di. Ten­tu­nya gu­ru ha­rus me­nya­da­ri bah­wa pe­nga­ruh ling­kung­an yang be­gi­tu ku­at hing­ga men­ja­di­kan sis­wa mu­dah ber­pa­car­an me­nya­dar­kan gu­ru un­tuk te­rus be­la­jar me­ne­mu­kan ca­ra yang te­pat da­lam me­nyam­pai­kan ajar­an Is­lam ini.

Pa­da da­sar­nya ajar­an Is­lam ber­si­fat mo­de­rat dan mam­pu me­nye­suai­kan de­ngan kon­di­si za­man. Na­mun, ka­re­na ke­ma­las­an dan ke­ku­rang­kre­a­ti­fan gu­ru, men­ja­di­kan pen­di­dik­an aga­ma di se­ko­lah ku­rang ber­mak­na. Ji­ka gu­ru ti­dak mau me­la­ku­kan per­ubah­an, bi­sa di­pas­ti­kan la­ma-ke­la­ma­an akan ter­ja­di ke­ru­sak­an yang pa­rah pa­da ge­ne­ra­si mu­da. -

Oleh : Bu­di San­to­sa Ma­ha­sis­wa Ju­rus­an Tar­bi­yah Pro­di PAI STAIN Su­rak­ar­ta.
tulisan ini dimuat di SOLOPOS Edisi 14 Desember 2010

0 komentar: